Anies Baswedan Tak Dikenali Petani di Jateng, Begini Kisahnya

Calon Presiden RI 2024 Anies Baswedan dalam Puncak MILAD KE-21 PKS. (Tangkapan Layar Youtube PKSTV)

Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan terus membidik ladang suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal tersebut dia lakukan dengan mengunjungi beberapa Kota/Kabupaten dua Provinsi tersebut belum lama ini sekaligus menelisik permasalahan yang sedang dialami di beberapa daerah.

Uniknya, saat berkunjung ke Grobogan, Jawa Tengah, ada seorang petani yang melakukan obrolan panjang lebar terkait masalah pertanian dan pupuk, namun tidak mengenali Capres 2024 tersebut.

Dikutip dari detik.com, Anies bercerita bahwa pada mulanya, dia mengunjungi ke pelosok daerah untuk menelusuri kondisi terkini yang terjadi di masyarakat. Anies pun mengunjungi Rembang hingga https://kecoak123.shop/ Grobogan. Di Grobogan, kata Anies, dia sempat bertemu dengan seorang petani bernama Suwarto.

“Saya juga sempat mampir ke Grobogan, di situ saya bertemu dengan seorang petani, di situ saya lagi jalan, saya lihat para petani sedang bekerja. Saya berhenti mampir, sendirian saja, namanya Pak Suwarto. Lalu ketemu Pak Suwarto, salaman,” kata Anies, saat berbicara dalam acara ‘Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan’ yang digelar relawan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023),

“Ketika salaman saya merasakan, melihat tangannya sedang kalau bahasa Jawa lagi ngerabukngerabuk itu memberi pupuk. Jadi saya tanya ‘Pak gimana kondisi di sini?’ ‘Ya biasa Mas, dari dulu ya begini’ katanya,” ujar Anies menirukan percakapan dengan Suwarto.

Dengan menirukan gaya Suwarto, Anies menceritakan detail panjang persoalan yang dibahas.

” ‘Pak saya yang repot urusan pupuk, menanam pupuk paling susah pak, mau menanam, ada yang pupuk subsidi, pupuk non subsidi, tidak seperti zaman dahulu. Dulu tinggal ke warung membawa ember langsung bisa beli pupuk. Sekarang ke warung langsung ditanya ‘Anda non subsidi apa subsidi?’ Terus dia bilang ‘kita ini tidak punya uang masa bisa bayar’,” jelas Anies menuturkan cerita pak Suwarto.

“‘Bagaimana kalau besok? ‘Dikembalikan seperti zaman dulu saja pak’,” lanjut Anies menirukan ucapan Suwarto.

Lucunya, sebelum pamit dengan petani tersebut, Anies langsung memperkenalkan diri. Kepada Anies, Suwarto mengaku tidak tahu yang sedang berbincang dengannya adalah seorang Anies Baswedan.

“Sudah selesai ngobrol saya tanya sebelum pamit. ‘Pak sebelum pamit, saya ingin mengenalkan diri, nderek tepangaken kula Anies Baswedan’ nah selama ngobrol dia nggak tahu dengan siapa,” kata Anies.

“Jadi ketika saya bilang tepangaken kula Anies Baswedan terus dia jawab ‘Anies Baswedan Gubernur DKI?’ ‘Iya, Gubernur DKI’ ‘kok iso tekan kene’ kata dia kok bisa sampai sini’,” imbuh Anies.

Untuk diketahui, Anies merupakan capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi tersebut sejauh ini diisi oleh Partai NasDem, PKS, dan Demokrat.

Anies juga mengaku sudah mengantongi nama yang akan menjadi cawapresnya, meski demikian ia masih belum mau mengungkap nama tokoh tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*