Dampak Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Atap Rumah Warga Rancah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Ciamis, Kamis (8/2/2024) sore kembali menyebabkan bencana.

Sebuah rumah yang berada di Dusun Bojongjaya, RT 02/ 06, Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kerusakan setelah tertimpa pohon yang tumbang.

Berdasarkan informasi dari anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Dudung Hidayat, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 menimpa rumah milik Tarsa (50).

“Saat hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Rancah dan sekitarnya, rumah milik Tarsa tertimpa pohon tumbang sehingga mengalami kerusakan pada bagian atap,” ungkap Dudung.

Menurut Dudung meskipun peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, namun pemilik rumah mengalami kerugian material ditaksir hingga mancapai Rp 15 juta.

Pascakejadian, keluarga korban membutuhkan logistik kedaruratan berupa terpal dan bahan makanan.

“Saat ini korban membutuhkan terpal, sembako, dan perabotan rumah tangga,” kata.

Untuk selanjutnya penanganan yang telah dilakukan pihak Tagana yaitu asesmen ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Kiarapayung, Pemerintah Kecamatan Rancah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Sementara untuk evakuasi pohon yang tumbang akan dilakukan besok secara gotong royong bersama warga masyarakat mengingat saat ini kondisinya sudah gelap.

“Evakuasi pohon yang tumbang kita akan lakukan besok, karena sekarang sudah gelap juga cuaca masih turun hujan gerimis, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*