MBMA Anak Usaha Merdeka Copper IPO, Harganya Kelewat Mahal?

Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (23/11/2022). IHSG ditutup menguat 0,33 persen atau 23,53 poin ke 7.054,12 pada akhir perdagangan, sebanyak 249 saham menguat, 255 saham melemah, dan 199 saham stagnan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

  • MBMA hanya memiliki ROE 2,75% dan ROA 1,90% sehingga dalam mengelola modal dan aset terhadap laba bersihnya masih kurang efisien.
  • MBMA adalah anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dengan nilai saham 59,9%.
  • Volume penjualan wholesale mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di pasar domestik menurun 87% dari Desember 2022 ke Januari 2023.

Salah satu calon emiten di sektor barang baku yakni PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) tak lama lagi akan listing di Bursa Efek Indonesia pada 18 April 2023.

Harga penawaran berada di Rp780-Rp795 dengan jumlah saham yang ditawarkan sebesar 110 juta lot, market cap akan mencapai Rp 83,8 triliun – Rp 85,4 triliun. Untuk dana IPO yang akan di raih berkisar Rp8,5 triliun hingga Rp8,7 triliun.

Diketahui MBMA adalah anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dengan nilai saham 59,9%. Merdeka mengakuisisi aset-aset MBMA melalui serangkaian transaksi yang diselesaikan pada Mei 2022.

Setelah IPO MBMA berencana ekspansi meningkatkan kapasitas produksi nikel. Lalu bagaimana dengan valuasi dari MBMA apakah cukup menarik? Sebelum membahas valuasi, intip dulu penggunaan dana IPO dari MBMA.

MBMA dijual dengan harga premium, dapat dilihat PBV sudah berada di atas 2 yang berarti calon investor harus membayar dua kali lebih mahal.

Dalam menghasilkan Gross Profit Margin (GPM) MBMA berada di angka yang cukup kecil dengan margin 10,68%. Dimana angka tersebut adalah selisih dari pendapatan dengan beban pokok pendapatannya.

Net Profit Margin (NPM) MBMA tidak begitu buruk, berada di angka 9,33%. Dimana dalam menghasilkan laba bersih MBMA cukup baik. Return On Equity (ROE) MBMA berada di angka yang cukup kecil di 2,75%. Yang menandakan bahwa dalam mengelola modal terhadap laba bersih masih kurang efisien.

Return On Asset (ROA) MBMA berada di angka yang cukup kecil juga di 1,90%. Yang menandakan bahwa dalam mengelola aset terhadap laba bersih masih kurang efisien.

Namun dalam Debt to Equity (DER) MBMA berada di angka yang cukup sehat di 44,63%. Yang berarti total hutang tidak lebih besar dari total modal, sehingga dalam kemampuan membayar kewajiban terhadap modalnya cukup baik.

Dan secara Cash Ratio (CR) MBMA berada di angka yang cukup tinggi di 229,68%. Likuiditas MBMA cukup sehat, yang menandakan dalam membayar kewajiban lancar terhadap aset lancarnya cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*