Prakiraan Cuaca Besok, BMKG Warning Angin Kencang-Hujan Petir

Prakiraan Cuaca Besok, BMKG Warning Angin Kencang-Hujan Petir

Ilustrasi penjual jas hujan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku besok, hari Kamis, 7 Desember 2023 lewat tayangan video di akun Youtube resmi. BMKG memprakirakan, angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah barat laut, dan di selatan Indonesia didominasi angin yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5-40 km/jam.

BMKG mengingatkan agar waspada https://rumahkasterbaik.store/ potensi angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Aceh, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar 20-34 derajat Celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 50%-100%.

“Untuk prakiraan tinggi gelombang laut, waspadai potensi ketinggian gelombang 2,5-4 meter di laut Natuna bagian Utara,” tutur Prakirawan BMKG Efa Septiani, Rabu (6/12/2023).

Efa pun memaparkan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia, besok.

Di Pulau Sumatra, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Banda Aceh, Padang, Pekanbaru. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang terjadi di kota Tanjung Pinang. Dan perlu diwaspadai bagi masyarakat yang berada di kota Medan, karena terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat.

Masih di Pulau Sumatra, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Perlu diwaspadai akan ada potensi hujan disertai dengan petir di Kota Jambi dan Pangkal Pinang.

Beralih ke pulau Jawa, masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Jakarta dan juga Semarang. Sementara untuk Serang, Bandung, dan Surabaya terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang. Sedangkan, perlu diwaspadai untuk wilayah Yogyakarta, terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir.

Untuk kota Denpasar dan Kupang, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, dan Mataram diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang.

Selanjutnya, di pulau Kalimantan, potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terdapat di kota Palangkaraya, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terdapat di kota Pontianak. Sementara perlu diwaspadai untuk Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir.

Bergeser ke pulau Sulawesi, hujan dengan intensitas ringan terdapat di kota Mamuju dan juga Gorontalo. Perlu diwaspadai bagi masyarakat yang berada di seputaran kota Manado, Palu, Makasar, dan Kendari terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir

Dan yang terakhir menuju wilayah Timur Indonesia, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Ambon, Manokwari, dan Jayapura. Sedangkan Ternate diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini curah hujan tinggi pada dasarian I bulan Desember 2023 untuk sejumlah wilayah dengan level berbeda, yaitu:

– Waspada
di Kabupaten di Provinsi Aceh, Bali, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara.

– Siaga
di Kabupaten di Provinsi Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

– Awas
di Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Pada umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (0-150 mm/dasarian),” jelas BMKG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*