Simbol Palestina, Penjualan Keffiyeh Melonjak di AS, Kenapa?

Simbol Palestina, Penjualan Keffiyeh Melonjak di AS, Kenapa?

Pendukung rakyat Palestina melakukan unjuk rasa mengecam kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di depan Kementerian Luar Negeri di Seoul, Korea Selatan, Kamis, 9 November 2023. Meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, dugaan kerja sama Korea Utara dengan Rusia dalam perangnya terhadap Ukraina dan kekhawatiran mengenai meningkatnya ketegasan Tiongkok menjadi agenda utama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Korea Selatan pada hari Kamis. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Syal khas Palestina, keffiyeh, laris manis di Amerika Serikat (AS) seiring dengan meningkatnya dukungan terhadap Palestina.

Penjualan syal tersebut telah melonjak sejak perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober, kata distributor di AS, meskipun keffiyeh telah dilepas secara paksa oleh pasukan keamanan pada beberapa protes dan pemakainya melaporkan menjadi sasaran kekerasan verbal dan fisik.

“Itu seperti saklar https://hokijackpot.store/ lampu. Tiba-tiba, kami memiliki ratusan orang di situs web secara bersamaan dan membeli apapun yang mereka bisa,” kata Azar Aghayev, distributor Hirbawi di AS, yang dibuka pada 1961 dan merupakan satu-satunya produsen keffiyeh yang tersisa di Tepi Barat.

“Dalam dua hari, stok yang kami miliki habis begitu saja,” tuturnya, dilansir¬†Reuters, Rabu (6/12/2023).

Hirbawi, yang telah mematenkan mereknya, menjual syal secara internasional melalui situs web-nya di AS dan Jerman serta di Amazon. Seluruh 40 variasi di situs AS, yang mencakup banyak warna cerah serta hitam dan putih tradisional, telah terjual habis, kata Aghayev.

Menurut data dari perusahaan analisis e-commerce Jungle Scout, penjualan unit syal keffiyeh telah meningkat 75% dalam 56 hari antara 7 Oktober dan 2 Desember di Amazon.com dibandingkan dengan 56 hari sebelumnya.

Penelusuran untuk “syal Palestina untuk wanita” meningkat sebesar 159% dalam tiga bulan hingga 4 Desember dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya; penelusuran untuk “syal militer”, “keffiyeh palestina”, dan “keffiyeh” masing-masing naik 333%, 75%, dan 68%.

Keffiyeh, dengan pola jaring ikannya, umum ditemukan di seluruh dunia Arab, dan akarnya sudah ada sejak 3100 SM. Ini pertama kali melambangkan perlawanan Palestina selama Pemberontakan Arab melawan pemerintahan Inggris tahun 1936 dan kemudian menjadi hiasan kepala pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Yasser Arafat.

Meskipun Hirbawi adalah produsen paling terkenal, produsen lainnya termasuk pengrajin kecil dan peniru global seperti pembuat barang mewah Louis Vuitton, menjual versinya pada tahun 2021.

Adapun para pendukung Amerika Serikat yang mendukung Palestina dan Israel telah menghadapi ancaman dan serangan sejak konflik Timur Tengah dimulai, dengan warga Yahudi Amerika mengalami peningkatan antisemitisme dan Muslim Amerika mengalami peningkatan Islamafobia.

Hazami Barmada (38) mantan pejabat PBB yang tinggal di Virginia, baru-baru ini mengenakannya saat dia melakukan protes di luar Gedung Putih dan di lingkungan Georgetown di Washington untuk mendukung gencatan senjata di Gaza.

Mengenakan jilbab terasa seperti “kekuatan super,” katanya, menghubungkan kembali dirinya dengan warisan Palestina dan menawarkan hubungan simbolis dengan anak-anak di Gaza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*