Terungkap Alasan Orang RI Doyan Berobat ke Luar Negeri

Terungkap Alasan Orang RI Doyan Berobat ke Luar Negeri

Infografis/Pembayaran Klaim Rumah Sakit Sudah Di Bayarkan/Aristya Rahadian
Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Iing Ichsan Hanafi mengakui kalau tingkat layanan kesehatan di Luar Negeri (LN) lebih baik dibandingkan dengan di dalam negeri. Sehingga tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang notebene kategori mampu, lebih memilih pengobatan di LN.

Berkaca dari hal itu, https://kas138.fyi/ ujar Iing, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan agar masyarakat bisa memanfaatkan rumah sakit dalam negeri untuk melakukan pengobatan.

“Optimis ke depan kita bisa kontribusi dan tentunya kami perbaiki layanan. Seperti yang disampaikan pak menteri banyak orang berobat di luar kita anggap itu sebagai acuan untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Iing┬ádalam Road to CNBC Awards 2023 ‘Best Healthcare’, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Namun untuk itu, pihaknya juga meminta ke pada pemerintah agar industri diberi kepastian regulasi terkait kesehatan. Agar pihak rumah sakit swasta bisa terus mendorong penguatan fasilitas dan SDM bisa lebih baik lagi.

Iing mengatakan, masalah distribusi fasilitas kesehatan saat ini berkumpul di pusat kota, atau Jawa. Sementara di luar Jawa sangat terbatas. Begitu juga dengan distribusi tenaga dokter yang terdistribusi di kota besar.

“Kami harapkan regulasi dari Kemenkes bisa bantu ini dan dokter spesialis mau ke daerah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya pernah mengungkapkan, banyaknya masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk berobat ke luar negeri lantaran fasilitas di RS dalam negeri masih kurang.

Untuk itu pemerintah terus mendorong industri kesehatan dalam negeri berbenah dan meningkatkan layanannya agar masyarakat lebih memilih RS dalam negeri ketimbang di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*