Top! Dunia Gonjang-ganjing, Ternyata Pengusaha RI Tetap Pede

Pasar tanah abang. (CNBC Indonesia/Martya Rizki)

Di tengah ketidakpastian global, pelaku usaha di sektor industri tetap memiliki pandangan optimis dalam menyambut situasi ke depan.

Berdasarkan rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) April 2023, secara umum, pada April 2023 tingkat optimisme pelaku usaha terhadap kondisi usaha selama 6 bulan ke depan masih cukup tinggi.

“Mayoritas sebesar 64,7% pelaku usaha menyatakan optimis terhadap kondisi usaha industri selama 6 bulan ke depan. Angka ini meningkat dari kondisi pandangan bulan sebelumnya yang sebesar 63,5%, dan menjadi angka tertinggi sejak IKI di-launching,” kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif dalam rilis IKI April, Jumat (28/4/2023).

Kemenperin merilis, IKI sejak November 2022 lalu, namun optimisme dunia usaha paling muncul tertinggi di bulan ini.

Salah satu penyebabnya karena geliat industri dalam negeri sudah mulai kembali pulih, masyarakat pun sudah beraktivitas lagi setelah menjalani PPKM ketat sejak awal pandemi.

“Mayoritas responden yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya akan kondisi pasar akan membaik dan kepercayaannya karena kebijakan pemerintah pusat yg lebih baik,” kata Febri.

Selanjutnya, sebanyak 25,4% pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya stabil selama 6 bulan mendatang. Angka ini menurun jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 26,1%.

“Terakhir, persentase pesimisme pandangan pelaku usaha terhadap kondisi usaha 6 bulan ke depan menurun menjadi 9,9% pada April 2023 dari 10,5% pada Maret 2023,” ujar Febri.

Adapun nilai Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada bulan April 2023 masih mengalami fase ekspansi yakni sebesar 51,38 poin. Meski melambat 0,49 poin dibandingkan dengan bulan Maret 2023 sebesar 51,87.

Penurunan nilai IKI dikarenakan 13 dari 23 subsektor industri pengolahan mengalami penurunan nilai IKI.

“Agak menurun karena bertepatan dengan momen Ramadan dan Idulfitri, di mana banyak hari liburnya,” kata Febri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*