Bos Kosmetik Makassar Beli Tas Emas, Untung atau Buntung?

Sosok Mira Hayati yang membeli tas emas harga Rp 515 juta, viral di media sosial.

Pengusaha asal Makassar Mira Hayati mendadak viral di media sosial usai dirinya mengunggah video di akun TikTok @_mirahayati saat dirinya membeli tas emas seharga Rp 515 juta.

Seperti diberitakan detik, tas dengan desain mirip Lady Dior itu dibelinya pada 24 Maret 2023. Tas itu memang terbuat dari emas seberat 531,25 gram yang kadarnya sekitar 87%.

Mira juga memamerkan nota pembayaran atas cincin emas seberat 40,2 gram yang harganya mencapai Rp 38,995 juta.

Saat diundang ke acara TRANS TV “Pagi Pagi Ambyar”, Mira mengungkap alasan membeli tas emas tersebut. Dulu, Mira ternyata pernah membeli emas berukuran kecil dan kegiatan membeli emas ini dilakukan setiap hari Jum’at sambil berbagi.

Namun tepat pada Jumat 24 Maret 2023, Mira akhirnya membeli emas dalam ukuran besar dan bentuk tas, hal itu mendadak viral.

Kabarnya, pembelian tas emas seberat ratusan gram ini bukanlah yang pertama bagi Mira. Mira dikabarkan pernah membeli tas yang mirip Hermes dan terbuat dari 800 gram emas! Tas itu tidak digunakan sehari-hari, melainkan hanya pada saat acara tertentu.

Koleksi emas jadi tradisi, tapi belum tentu layak disebut investasi

Bagi Mira, mengoleksi emas merupakan tradisi orang Bugis sejak zaman nenek moyang. Bukan cuma tas, melainkan berbentuk perhiasan-perhiasan lainnya.

“Jadi ini saya beli untuk nilai investasi. Kan banyak orang beli tas Dior, yang merek-merek itu. Kalau aku lebih milih beli tas emas model Dior. Lebih bangga, mereka kan punya original, tapi aku punya yang versi emas,” terang istri dari pria yang bekerja di bidang kelautan itu lagi,┬áseperti dikutip detik.com, Sabtu (8/4/2023).

Terkait investasi perhiasan emas, aksesoris yang satu ini sebetulnya lebih tepat disebut aset guna ketimbang investasi.

Tas emas dengan desain mirip Lady Dior yang dimiliki Mira sejatinya bukanlah emas murni karena kadarnya tidak mencapai 99%. Pada umumnya, setiap perhiasan atau aksesoris dibuat dengan campuran zat-zat atau logam lain seperti perak, tembaga, seng, palladium, dan lain sebagainya.

Adapun risiko dari investasi perhiasan atau aksesoris emas adalah harga jualnya yang turun di kemudian hari karena adanya faktor pemakaian, kerusakan minor, dan lain sebagainya.

Dengan uang Rp 507 juta, Mira bisa mendapatkan emas batangan Antam 24 karat dengan kadar kemurnian 99% seberat 500 gram. Harga jual emas batangan pun jauh lebih stabil ketimbang perhiasan emas.

Jika Anda ingin membelinya, belilah tanpa mengharapkan adanya imbal hasil fantastis dari harga jual perhiasan Anda di masa depan.

Apabila Anda ingin berinvestasi emas, belilah emas batangan atau emas digital di platform yang sudah berizin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*